HUBUNGAN PHASE ANGLE DENGAN TINGKAT KEPARAHAN INFARK MIOKARD

Main Article Content

Rosa Kristiansen
Niken Puruhita
Febe Christianto
Hertanto Wahyu Subagio
Enny Probosari

Abstract

Latar belakang : Phase angle (PhA) yang merupakan indikator integritas seluler mungkin berhubungan dengan tingkat keparahan IM yang tercermin dari penanda cedera miosit yaitu kadar troponin.


Tujuan : Menganalisis hubungan PhA dengan tingkat keparahan IM.


Metode : Penelitian observasional, melibatkan 40 subjek dengan IM yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Tingkat keparahan IM diukur dari kadar troponin I, PhA didapatkan dari bioelectrical impedance analysis, dan data komorbid diambil dari rekam medis pasien. Uji hipotesis menggunakan analisis bivariat untuk melihat hubungan phase angle dan beberapa komorbid dengan tingkat keparahan IM.


Hasil :  Mayoritas subyek penelitian berjenis kelamin laki-laki (82,5%), rerata usia 56,1 tahun, dan rerata IMT 25,56 kg/m2. Dislipidemia merupakan jenis komorbid yang paling banyak diderita (92,5%) dan 62,5% subyek penelitian memiliki 2 atau lebih komorbid. Hasil analisis bivariat PhA, jenis komorbid, jumlah komorbid, usia, IMT, dan jenis kelamin terhadap kadar troponin I adalah tidak signifikan (p>0,05).


Kesimpulan : PhA, diabetes, hipertensi, dislipidemia, jumlah komorbid, usia, IMT, dan jenis kelamin tidak berhubungan dengan tingkat keparahan IM.


Kata kunci : BIA, komorbid kardiovaskular, phase angle, tingkat keparahan infark miokard

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kristiansen, R., Niken Puruhita, Febe Christianto, Hertanto Wahyu Subagio, & Enny Probosari. (2023). HUBUNGAN PHASE ANGLE DENGAN TINGKAT KEPARAHAN INFARK MIOKARD. IJCNP (INDONESIAN JOURNAL OF CLINICAL NUTRITION PHYSICIAN), 6(1), 42-49. https://doi.org/10.54773/ijcnp.v6i1.156
Section
Research Articles